ALL YOU CAN EAT

Senin, 01 Februari 2010

Orang Kaya di RI Lebih Suka Nabung Ketimbang di AS

Selasa, 2 Februari 2010 - 11:42 wib


Candra Setya Santoso - Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis
JAKARTA - Kesadaran orang kaya di Indonesia dalam hal menabung ternyata lebih baik jika dibandingkan dengan sejumlah orang kaya yang tinggal di Amerika Serikat (AS).

"Masih bagus orang Indonesia, kesadaran menabung lumayan besar dibanding animo mereka untuk meminjam. Belum lulus kuliah orang Amerika sudah punya kartu kredit, jadi lebih baik orang Indonesia dari segi menabung," ungkap Country Head Consumer Banking Standard Chartered Indonesia Lani Darmawan, dalam acara Standard Chatered Bank Wealth on Wealth 2010, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (2/2/2010).

Standard Chartered Bank menargetkan dana pihak ketiga (DPK) dari nasabah kaya (premium) mencapai Rp90 miliar. Target tersebut akan dicapai dalam 1-1,5 tahun mendatang.

"Kami menargetkan DPK dari layanan priority banking sebesar Rp90 miliar maksimal 1,5 tahun mendatang. Hal itu kami lakukan karena ada nasabah premium yang potensial di Indonesia," ungkapnya.

Ilustrasinya adalah setiap nasabah priority banking Standard Chartered diharuskan menyimpan DPK baik dalam tabungan, deposito atau giro minimal Rp500 juta per nasabah. Sementara target perseroan adalah dapat menambah sekira 180 orang relationship manager hingga 15 bulan ke depan.

Tugas relationship manager itu, antara lain melayani nasabah premium secara one on one dalam semua kebutuhan transaksi nasabahnya. Sehingga dengan layanan itu, nasabah tidak akan repot mengurusi layanan di luar ruangan. "Jika memakai ilustrasi tersebut, kami akan meraup DPK sebesar Rp90 miliar. Mudah-mudahan bisa lebih dari itu," kata Lani.

Untuk menjadi nasabah priority Standard Chartered, nasabah akan diberi keuntungan. Di antaranya semua transaksi perbankan yang dilakukan nasabah akan diberikan point reward.

Kata Lani, penawaran tersebut baru pertama kali ada di Indonesia. Biasanya point reward hanya akan diberikan kepada nasabah saat melakukan transaksi dengan kartu kredit saja.

"Nasabah dapat melakukan transaksi di semua produk perbankan baik itu di tabungan, deposito, giro, obligasi, reksadana hingga kartu kredit. Keuntungannya setiap transaksi perbankan itu diberikan point reward yang nantinya dapat diuangkan, diganti voucher atau hadiah tertentu," ucap Lani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar