ALL YOU CAN EAT

Rabu, 03 Maret 2010

Pembelian


Pembelian
Keputusan pembelian , dalam hal ini pertukaran barang atau jasa merupakan tahapan yang sangat penting. Pertimbangan-pertimbangan yang mereka lakukan sebelumya, sekaligus sebagai dasar umpan balik untuk
mereka di masa yang akan datang. Keputusan pembelian konsumen ini dapat berupa pilihan mengenai produk atau jasa apa yang mereka beli, merek apa yang akan mereka beli, kapan dan dimana mereka akan membeli, berapa jumlahnya, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan bagaimana mereka melakukan pembelian itu.


Didalam menentukan keputusan pembelian inilah, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengambil keputusan pembeliannya tadi, memberikna pertimbangan-pertimbangan yang akan menentukan keputusan akhirnya. Tentunya banyak factor yang mempengaruhi seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Salah satu dari sekian factor itu yang sangat menarik dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah motivasi , persepsi,pembelajaran, dan sikap.


Keempat faktor ini oleh sebagian ahli pemasaran dimasukkan kedalam bagian dari karakteristik konsumen, yakni kedalam factor psikologis . Sedangkan oleh beberapa ahli pemasaran yang lain dapat digolongkan sebagai factor individu, atau digolongkan sebagai factor internal. Jadi secara umum keempat factor ini tentu saja akan berpengaruh dalam setiap perilaku pengambilan keputusan seorang konsumen. Hal in juga berlaku saat dia melakukan kegiatanpengambilan keputusan pembelian suatu produk yang dia butuh dan inginkan. Faktor ini menarik sekali , karena merupakan factor yang bukan dikondisikan oleh seorang pemasar dan merupakan factor yang berasal dari diri ( internal ) dan karakteristik konsumen tersebut dan sifatnya melekat pada tiap individu.


Seorang konsumen yang rasiona secara umum akan melalui fase-fase tertentu sebelum melakukan kegiatan pembelian actual akan suatu produk. Dalam melalui proses inilah, factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen tadi ikut berperan dalam menentukan keputusaannya, termasuk keemept factor tadi, yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran , dan siakp . Tentunya selain factor yang dikondisikan oleh pemasar, misalnya dari segi bauran pemasaran ( marketing mix ), keemapt factor tadi sangat penting untuk diperhatikan untuk menetapkan strategi-strategi pemasaran berikutnya.Berbeda dengan faktor-faktor pengaruh yang lain motivasi, persepsi,pembelajaran dan sikap merupakan factor yang mempengaruhi dalam diri konsumen itu sendiri ( internal ) dan bersifat kejiwaan. Faktor ini sangat menarik untuk dipelajari karena merupakna suatu proses kejiwaan dalam diri konsumen itu sendiri, yaitu proses yang berhungan denagn motivasi atau dorongan , persepsi, pembelajaran serta keyakinan dan sikapnya terhadap suatu produk. Karena sifatnya yang unik dan bersifat kejiwaan serta internal inilah sehinnga akan berbda dengan konsumen stu dengan yang lain ( bersifat individual). Krena itulah motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap ini dapat dimasukkan kedalam factor psikologis.


Inilah yang membuat faktor ini menarik untuk diperhatikan. Diantara banyak pengaruh dan komponen yang berinteraksi dalam membentuk suatu periaku konsumen, keempat faktor ini tentu memberiakn kontribusi yang besar secara intenal dan individual dalam menentukan keputusan pembelian konsumen pada akhirnay. Sebagai faktor yang tidak dikondisikan oleh pemasar, faktor ini harus dimanfaatkan dengan tepat dengan rangsangan-rangsangan pemasran yang dapat membangkitkan faktor yang bersifat kejiwaan ini.


Didalam proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya tersebut, tentunay konsumen yang bersangkutan akan mencari informasi yang berkaitan untuk kemudian mengevaluasinya. Kemudian dari informasi-informasi dan alternatif yang telah diperoleh tadi sebelum diputuskan untuk melakukan pembelian atau tidak, sebelumnya terlebih dahulu hal ini diproses dalam pertimbangan di dalam diri konsumen tersebut. Dalm proses inilah faktor-faktor pengaruh psikologis atau internal tadi sangat memegang peranan yang penting untuk memutuskan apakah ia jadi melakukan kegiatan pembelian tau tidak. Tentu saja dengn tidak mengesmapingkan faktor-faktor yang lain, dalan hal ini motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap itu memegang peranan yang sangat penting.


Dalam pengambilan keputusan pembelian produk tertentu motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap dapat memegang peranan besar. Dalam proses keputusan pembelian sebelum menentukan untuk melakukan tindakan pembelian suatu produk, konsumen tentu saja memiliki motivasi tertentu yang diharapkan akan tercapai setelah melakukan pembelian. Demikian juga dengan persepsinya akan produk yang juga menentukan keputusannya akan sangat tergantung dari penginterpretasian stimuli, situsi dan informasi yang didapatkan. Selain hal itu proses pemelajaran juga memegang peranan yang penting menginagt ketika akan memutuskan pembelian , tentu saja tidak lepas dari pengalaman dan proses mengenal suatu produk itu baik pengetahuan yang berasal dari pengalaman dia sendiri maupun pengalaman orang lain. Sikap tidak kalah pentingya mengingat ini menyangkut tanggapan sesorang terhadap suatu obyek yang langsung maupun tidak langsung memepengaruhi keputusan pembeliannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar